Pantai Benteng Portugis , wisata sekaligus mengenal sejarah

   Sesuai namanya Pantai Benteng Portugis , menyimpan kisah Sejarah sehingga jika kita mengunjungi nya . Selain menikmati keindahan pantai juga akan menambah wawasan kita tentang Sejarah yang pernah terukir di Jepara pada masa pemerintahan kerajaan Mataram.

    Tak hanya bibir pantai yang indah untuk berswafoto , mainan pasir , dan menikmati deburan ombak . Di pantai Benteng Portugis juga kita akan menjumpai pemandangan tebing perbukitan Gunung Muria . 
 
  

     Foto : Remaja berpose dengan latar belakang ombak lautan 


     Benteng Portugis  pun berdiri diatas tebing , yang fungsinya saat itu untuk pertahanan dan mengintai tentara VOC .  Dimana pada saat itu Kerajaan Mataram yang dipimpin Sultan Agung sedang berseteru dengan VOC ( Belanda ) , dan memanfaat kan keberadaan tentara Portugis yang juga adalah musuh dari VOC.

    Maka dibangunlah Benteng Portugis ini di tahun 1623 ,atau 4 tahun sesudah Sultan Agung dengan laskar Mataram nya  menggempur Batavia yang menjadi pusat pemerintahan Kolonial Belanda saat itu.
 
 

  Benteng Portugis dilindungi sebagai situs cagar budaya , dan menjadi unggulan wisata Kabupaten Jepara .
Letak nya sekitar 45 KM dari pusat kota Jepara , tepat nya di Banyumanis Donorejo , Kecamatan Donorejo , Kabupaten Jepara.

   Dari gapura Benteng Portugis jika suasana cerah dan tidak berawan , wisatawan bisa melihat secara langsung dikejauhan  Pulau Mondoliko yang hanya dipisahkan oleh selat antara keberadaan Benteng dengan pulau tersebut. 

     Bahkan pengunjung bisa menyewa perahu nelayan untuk menuju Pulau Mondoliko . Disana wisatawan bisa menikmati suasana asri dengan berbagai jenis burung dan tumbuhan di sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni.

   Sedangkan di dalam Benteng Portugis juga terdapat makam , yang konon dari keturunan Ratu Kalinyamat. Ratu tersebut pernah memimpin di Jepara dan konon juga memiliki armada laut yang kuat dan di segani pada masa nya.

     Harga tiket masuk lokasi wisata Benteng-benteng Portugis cukup murah hanya Rp.5000 dan memiliki fasilitas : Musholla , toilet , gazebo , Paviliun bagi yang ingin menginap ,serta , parkiran luas untuk sepeda motor dan mobil.

Comments