Pengalaman menggunakan hp limbah Jepang

     Awal kisah pengalaman menggunakan hp black market bekas Jepang atau yang biasa disebut limbah Jepang ini , adalah dari ketertarikan saya pada Sony Xperia 1 .
Ya karena vendor Sony Mobile sudah hengkang dari Indonesia , sehingga tidak lagi memasarkan produk nya secara resmi di sini.
   
  Padahal saya adalah salah satu fans dari produk besutan Sony , bisa disebut kan  sebagai fansboy Sony . 
Adapun alasan saya kagum dengan produk smartphone keluaran Sony , banyak hal yang sangat saya gemari. Antara lain  :  dari sisi desain keren & mewah .

    

                              Foto; Sony Xperia 1 


    Keren , Sony tampil dengan gaya khas sendiri yang tidak tergiur meniru produk lain . Misalnya bentuk khas yang kotak  jangkung , tidak menggunakan desain layar poni , sensor sidik jari disamping dan lain lagi .

Justru banyak pabrikan lain yang akhirnya banyak meniru Sony , seperti menanamkan sensor kamera buatan Sony , ikut menggunakan sensor sidik jari di samping karena lebih cepat memindai.

     Singkat cerita , setelah melihat berbagai review Sony Xperia 1 channel YouTube dan marketplace  yang memberi ulasan bagus - bagus . 
Saya sangat tergiur untuk membelinya , ditambah lagi dengan harga nya yang sangat murah .
     Namun tentu tetap ada resiko namanya barang non resmi yang tidak memiliki garansi.

    Sebagai fansboy Sony saya selalu kurang puas jika menggunakan smartphone merk lain nya. 
Dari audio yang dihasilkan , resolusi layar yang belum cinematography 21 : 9 , papan ketik sederhana dan sebagainya.

       Setelah Sony Xperia 1 sampai ditangan saya , hasil membeli dari seller di salah satu marketplace.
Ada rasa was - was tentu nya , dengan produk bekas Jepang yang saya terima.

     Tetapi sesudah saya cek melalui  menu servis test yang memang tersedia di smartphone ini , Alhamdulillah kondisi nya masih normal dan original bahkan sangat mulus seperti baru.

Beruntung banget saya membeli dari seller yang jujur , hp yang lama saya idamkan akhirnya ada dalam genggaman.

    Serasa kembali bernostalgia ke masa lalu saya , yang selalu menggunakan produk Sony dari TV ,  Minicompo , hingga Sony Ericsson ponsel masa itu dengan aplikasi Walkman nya  yang fenomenal.

  Hanya mengeluarkan uang satu jutaan , saya bisa memiliki hp dengan spesifikasi istimewa setara harga belasan juta. 


 Cuma kekurangan kecil yang saya anggap tidak begitu berarti , yaitu : dari sinyal provider penyedia layanan yang sewaktu - waktu bisa terblokir. 
Sebab peraturan pemerintah yang tidak mengijinkan smartphone non resmi beredar di Indonesia.

     Tetapi karena saya menggunakan jaringan Wi-Fi dirumah , serta memiliki hp kedua yang bisa difungsikan untuk berbagi koneksi. Tentu pemblokiran imei hanya masalah sepele .

   Keuntungan nya berlimpah dari menggunakan Sony Xperia 1 ini : dari layar OLED HDR 4K sangat jernih dan sejuk , nyaman untuk berbagai hiburan dan multimedia.  
Pengalaman menyenangkan menonton film dan video dengan rasio layar sinematik 21 : 9 .

Banyak fitur menarik lainnya bawaan Sony yang tidak ditemukan di merk pabrikan lain . Seperti fitur DSEE HX yang membuat kualitas audio resolusi tinggi dihasilkan saat kita mendengarkan musik .
    Adapula fitur peluncuran cerdas , fungsinya membuat kamera terbuka seketika saat pengguna mengambil ponsel dalam mode landscape.

    Fitur multi windows 21 : 9 , membuat kita bisa mengoperasikan dua aplikasi secara bersamaan .
Contoh saat kita menonton film sambil berbalas WhatsApp dan sebagainya.

   Karena Sony Xperia 1 ini tidak dilengkapi lobang Jack audio 3,5 mm , perlu kita menggunakan coventer audio untuk mendengarkan musik melalui headset . Hebatnya produk dari Sony hanya dengan converter audio murah pun bisa konek . 
    Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan produk dari Samsung dan brand lain . Untuk seri flagship nya diperlukan converter yang support chip DAC .

Sony Xperia 1 juga sangat tipis dan ringan , beratnya hanya 160 gram dengan desain mewah body depan belakang berlapis corning gorill a glass 6.
   Memiliki aplikasi bawaan Cinema Pro yang asyik digunakan untuk membuat Video rekaman , sesuai dengan selera  yang kita inginkan . Melalui berbagai pilihan lensa yang tersedia , setingan berbagai mode pencahayaan dan latar belakang.

   Ada pula fitur ketuk pelan dua kali di sisi layar untuk membuka dan menutup aplikasi , yang tak dimiliki smartphone lainnya. 
     Serta banyak lagi , silahkan buktikan sendiri jika anda juga tertarik membeli nya. 

Comments