3 Kuliner Top yang wajib dikunjungi di Pituruh

Kecamatan Pituruh masih berada di wilayah Kabupaten Purworejo, letak nya disebelah barat atau berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Kebumen.
Jika di Kecamatan Butuh , yang berada di sebelah Selatan Kec. Pituruh punya Dawet Ireng fenomenal ( Dawet Ireng Jembatan Butuh ).
Tak kalah tenar di Pituruh ada 3 kuliner Top  sekaligus ,yaitu : Sate Mbah Parto , Jogres Lesehan , Bale Panggung Resto.

 Menu Ikan Bakar ( Lesehan Bale Panggung )

Tiga kuliner top andalan Pituruh ini , wajib anda kunjungi bos ! Jika anda singgah atau sengaja berburu kuliner di Pituruh.

* Sate Mbah Parto 
Warung sate milik mbah Parto ini bahkan sudah terkenal dikalangan pemburu kuliner se Kabupaten Purworejo , sejak saya masih anak - anak ( Yik - Yik istilah pecinta burung dara Pituruh ) he..he..


Kemanapun saya pergi diwilayah Kab Purworejo , jika orang membicarakan Kec.Pituruh ? Maka tak lupa warung sate mbah Parto ikut dalam topik pembicaraan.
Tak heran warung sate nya selalu rame penjaja kuliner di setiap hari nya.

Letak nya di sebelah utara Alun - alun Pituruh , atau tepat nya di samping BRI Unit Pituruh. Jika pembaca cari menggunakan Aplikasi Google Maps pasti ketemu.
Gampang banget terletak di Selatan Pasar Pituruh , Jl Pituruh - Klepu.

    Jogres Lesehan ( foto : Sony Kuswanto )

* Jogres Lesehan 
Lesehan milik mas Atam ini memang belum lama hadir di Pituruh gan , namun si pemilik nya / mas Atam sudah malang - melintang sebagai koki restoran ternama di Jakarta dan Jalur Pantura / Indramayu.
Kurang lebih 30 Tahun gan? pengalaman berprofesi sebagai koki restoran.
Tak heran menu - menu yang disajikan di Jogres Lesehan ini maknyus banget !

Saya pertama kali mengenal pemilik nya juga sejak masih anak - anak , diwilayah Tanah Abang  - Jakarta Pusat tempat beliau bekerja dulu.
Beliau ini asal dari Cilacap , yang pada saat itu masih berpacaran dengan tetangga satu kampung dengan saya. 
Maka saya yang masa kecil nya pernah tinggal di Jakarta tentu mengenal nya. 

Letak Jogres Lesehan juga strategis , berhadapan dengan Klinik Dokter Lusi Estiana .
Disebelah utara pertigaan wetan pasar Pituruh , atau yang terkenal Pertigaan Gereja Pituruh ( GKI Pituruh ).

Baca juga : JADIOR So Black Mini


* Bale Panggung Resto
Sama seperti Lesehan Jogres ,  Bale Panggung Resto dikelola oleh koki yang punya latar belakang pengalaman di restoran ternama. Beliau pernah bekerja di Pulau Bali , memiliki latar belakang pendidikan Pariwisata & Perhotelan.

Tak heran Bale Panggung yang tadi nya persawahan disulap menjadi resto kuliner , dengan view khas pedesaan yang memiliki pemandangan alam  persawahan dan perbukitan di depan nya ( bukit Si Kambang ).

Pengunjung akan disuguhi menikmati menu hidangan diatas kolam ikan ( desain panggung ) , bisa memilih lesehan atau menggunakan meja kursi .
Area panggung terbagi menjadi dua , sebelah kiri untuk lesehan dan sebelah kanan dengan meniti jembatan disediakan kursi & meja makan. Dengan demikian pengunjung bebas memilih menikmati hidangan ala lesehan atau ala restoran.

Dari panggung pengunjung bisa melihat ratusan ikan Nila , dan Gurami yang dipelihara oleh Bale Panggung.
Desain Bale Panggung Resto ini mengingatkan saya denga Mboyong Kalegan Resto , Sleman - Yogyakarta.
Jika Mboyong Kalegan Resto terletak dipinggir Kali Boyong , Bale Panggung Resto di pinggir Kali Tumpang.

Letak Bale Panggung Resto di Desa Prigelan , Jln Raya Pituruh - Kemiri KM 01 atau sekitar 1 KM dari Pasar Pituruh.
Oleh anak - anak Prigelan sendiri , Bale Panggung Resto juga terkenal dengan nama Kaum Resto . Karena pemilik nya Pak Kaum ( Kaur Kesra Prigelan ) he..he..

Nah itulah 3 Top kuliner Pituruh yang silahkan anda buktikan sendiri kelesatan nya , jika berkunjung ke Pituruh.
Penulis murni tidak dapat bayaran dari pemilik 3 kuliner tersebut , menulis sesuai pengalaman pribadi saja.
Maka dari itu bagi yang penasaran mencoba , silahkan kunjungi sendiri dan bisa tuliskan pengalaman ada di kolom komentar di bawah ini !





Comments